Friday, January 5, 2007

VISI DAN MISI (..REPUBLISHED..)

Samarinda, waktu luang sekitar jam setengah delapan malam.. mumpung lagi ada kesempatan untuk nulis... Diiringi lagu-lagu KLA Project, yang semakin membuat aku rindu akan sebuah kota @ de middle of Java....(Waktu itu..). Sekarang lagunya IWA K, Malam Indah..

Irama kerja yang menuntut mobilitas tinggi dan selalu berhubungan dengan orang-orang lama dan baru membuat adrenalin selalu terbakar dan menjadikan semangat dalam diri semakin bergelora, TATANGAN adalah bahan bakar abadi yang membuat aku semakin menikmati hidup, baik dalam kehidupan pribadi sebagai seorang laki-laki atau sebagai seorang pekerja di sebuah perusahaan tempat aku kerja sekarang...

Now, it's time to talk about "VISI DAN MISI" dalam sebuah perusahaan menurut seorang pekerja biasa berjenis kelamin laki-laki yang biasa juga...

VISI. Sebuah visi adalah berawal dari fantasi dan seiring dengan perjalanan waktu ia berubah menjadi sesuatu yang memberikan energi. Dengan visi seseorang dalam sebuah tim akan selalu berjalan pada arah yang diberikan meski terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan dalam diri mereka. Visi yang efektif akan mengelorakan sebuah organisasi dengan rasa kesatuan dan satu tujuan yang dalam dan mengakar. Visi adalah bintang petunjuk bagi seorang pelaut dalam menentukan arah perjalanan kapalnya di tengah gelap malam. Namun visi-visi yang bagus tidak akan menjadi nyata di pikiran dan hati semua orang dalam hanya waktu semalam. Semua hal memerlukan waktu, dan hal-hal yang hebat sering memerlukan waktu yang lama untuk mewujudkannya.

Sebuah berlian dalam keadaan sebenarnya tidaklah indah dipandang. Namun, kecantikan dan nilai potensialnya yang terdapat di bawah kulit luar batu tersebut membuat semua perencanaan, keahlian, waktu, usaha dan perhatian dibutuhkan untuk memotong dan memolesnya agar keadaan akhir berlian itu menjadi bernilai. Begitu juga dengan visi. Seringakali kita berfikir bahwa kita melihat visi seluruhnya. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, keahlian, dan kebijaksanaan kita membuat kita bergetar oleh penemuan permukaan-permukaan baru dari perhiasan itu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Orang yang mengejek pentingnya visi adalah orang yang dangkal pemahamannya dan akan menjadi korban arogansi dan kelalaian mereka sendiri. Pentingnya memiliki visi mungkin tidak tampak pada saat-saat biasa, tapi saat badai menyerang dan tidak ada pegangan (visi) segala yang hebat akan jatuh dan hancur.

MISI. Misi adalah alasan paling utama dari keberadaan sebuah organisasi. Semua aktivitas, usaha dan rencana kita harus difokuskan pada prestasi sukses dari misi tersebut. Misi akan memfokuskan tindakan, mengoptimalkan penerapan sumber daya dan mengurangi pemborosan. Bagi pernyataan untuk meraih perubahan organisasi dan kesatuan tujuan sebagai hasilnya, sangatlah penting agar penyataan misi dihayati oleh tiap-tiap anggota organisasi. Pimpinan, terutama manejer, adalah penjaga utama harta pusaka ini.

Misi haruslah jelas, tapi tidak kaku. Keluwesan dalam bertidak untuk mengeksploitasi perubahan harus dipelihara. Organisasi yang akan bertahan dan berkembang di masa mendatang adalah organisasi yang memotivasi, bukan menghalangi. Organisasi tersebut harus berorientasi pada pemberdayaan bukan pelemahan: mengatakan "ya", bukan "tidak".

<<<<>>>>



2 comments:

Anonymous said...

aku suka tulisanmu yang ini..so nice..keep on writing, dude :)

Anonymous said...

gini om, uda 2 taun kami belajar klw VISI tu adalah impian, sedangkan misi adalah bagaimana kita bisa ke mimpi itu.

betul ga om?

nah, pertanyaan wa :
kalau seandainya IMPIAN SAYA adalah MENJADI PEMIMPIN NINJA, misi nya :

1. latihan terus terusan.
2. melindungi orang lain.

BENER ga om?

ini saya sebenernya masi suka bingung antara VISI & MISI.
ATAU sayanya aja yg bodo & goblok kali ya.. tolong kasi contoh yg sederhana, misalnya disuruh menghadiri pernikahan Presiden ke JAKARTA tolong BUATIN VISI dan MISI nya,..

THX BGT, MUACH