Sunday, February 28, 2010

Upgrade OS pada BlackBerry

Operating System atau biasa disingkat OS merupakan komponen software yang sangat vital pada BlackBerry. OS ini mendukung kinerja BlackBerry untuk melakukan multitasking beberapa fitur andalannya, yaitu push email, internet browsing, chatting, multimedia dan beberapa fitur social media.

Mengupgrade OS pada BlackBerry sangatlah mudah dan ini merupakan salah satu kelebihan BlackBerry dibandingkan smartphone lainnya. Dengan upgrade OS, BlackBerry model lama akan memiliki fitur dan kemampuan yang hampir sama dengan model yang terbaru sekalipun.

Langkah pertama pertama untuk meng-upgrade OS BlackBerry ini adalah ketahui terlebih dahulu versi OS terbaru yang disediakan operator seluler yang kita gunakan. Sebaiknya kita tidak mendownload dari situs lain apalagi jika produk BlackBerry Anda merupakan program bundling operator seluler, karena pada beberapa operator tertentu hal ini dapat membatalkan garansi, tapi bisa disiasati dengan membalikkan lagi OS bawaan operator ketika akan mengklaim garansi.


Berikut step-step detailnya untuk upgrade OS pada BlackBerry:

DIWYOR (Do It With Your Own Risk),

A. Siapkan OS yang akan diupgrade, Desktop Manager, kabel data dan Laptop atau PC.
Download di:
SINI
atau
di SINI
atau
di SINI

B. Instal OS yang akan diupgrade ke PC/Laptop.

C. Hapus vendor.xml di drive C -- Program Files -- Common Files -- Research in Motion -- App.Loader
Note: kalo OS dari operator yang sama dengan vendor BlackBerry kita, maka file ini tidak perlu dihapus

D. Sambungkan BlackBerry ke Laptop/PC melalui kabel data.

E. Nyalakan Desktop Manager, maka akan diminta untuk upgrade, dicancel dulu.

F. Back up data BlackBerry ke PC/Laptop via Desktop Manager.

G. BackUp third party Application, melalui BBSAK atau dengan cara:
- Di Desktop Manager buka 'Device Switch Wizard'. Pastikan di current device sudah terdetect BlackBerry yg mau di backup.
- Pada kolom 'Options', pastikan hanya 'Third Party Application' yang tercentang lalu klik next.
- Setelah 'Task In Progress' selesai akan muncul dialog box 'select your new device', jangan klik cancel. Biarkan tetap muncul.
- Buka search dari start menu windows, pilih 'all files and folders'. Pada sub menu 'More Advance options', contreng 'search hidden files and folders'. Pada kolom 'file name' isi dengan PIN BlackBerry yg di backup.
- Setelah hasil search keluar, ada folder dgn nama PIN anda, lokasinya biasanya di 'Temp (C:\user.....)'. Copy folder tsb dan paste di tempat lain mis: my document Selain folder tsb jg ada file .alx dengan nama PIN, lokasinya di 'C:user\....\appdata\local\temp', copy paste juga file tersebut ke folder lain.
- Setelah selesai pada Desktop Manager, klik cancel pada dialog 'select new device.

H. Wipe Handheld, melalui BlackBerry itu sendiri, bisa juga melalui aplikasi JLCommander atau BBSAK. (Note: langkah ini bisa dilewati kalo dirasa tidak perlu)

I. Pada Desktop Manager klik Application Loader -- Update Applications -- Klik Advanced untuk memastikan atau memilih aplikasi-aplikasi yang akan dimasukkan di BlackBerry.

J. Kalau Desktop Manager tidak mendetect OS baru, tutup Desktop Manager dan masuk ke tempat hapus vendor.xml, klik loader.exe dan ikuti petunjuk.

K. Tunggu sampai benar-benar nyala dan booting sampai dengan home screen, jangan cabut kabel atau memainkan kabel data.

No comments: